Rabu, 04 Juli 2007

#5 Berapa Panjang?

Berapa panjang cerita anak yang harus kita buat?

Tergantung untuk siapa kita menulis. Jika kita ingin menulis untuk media cetak, maka kita harus amati langsung. Umumnya beberapa majalah mengehndaki panjang sekitar 3 halaman.
Jika kita hendak menulis untuk novel, tentu saja beraneka ragama. setiap penerbit punya kebijakan masing-masing. Kita tidak dilarang untuk bertanya. Malah sebaiknya kita bertanya, jangan-jangan mereka tidak tertarik menerbitkan buku cerita anak. Bila malu bertanya, kita bisa mengunjungi wesite mereka. Biasanya mereka menyediakan fitur khusus untuk pengiriman naskah. Ada juga beberapa penerbit yang menerima naskah cerita anak untuk pictorial book, biasanya hanya sepanjuang satu halaman.

Sebagai penulis, sebaiknya kita bisa mengatur panjang atau pendek cerita yang akan kita tulis.
Sewaktu menulis untuk majalah Bobo yang meminta maksimal tiga halaman, kita harus bisa memetakan di mana konflik, sampai mana cerita harus memasuki tahap penutupan sehingga tidak lebih dari batas maksimal.

Begitu pula saat menulis untuk novel anak. Bukan berarti buku Harry Potter yang lebih tiga ratus halaman itu harus kita ikuti. Siapa tahu untuk naskah lokal, penerbit hanya minta 50 halaman.

Perlunya kita mengetahui berapa panjang halaman yang kita tulis adalah:
1. Kita bisa memetakan cerita dengan efektif.
2. Mengurangi resiko naskah ditolak karena kepanjangan atau kependekan.

meski demikian, kita tidak perlu stres, menghitung terus jumlah halaman. SEbaiknya dipetakan, tulis, baru edit. Mungkin kalau kepanjangan kita bisa menghapus beberapa kalimat tidak efektif. Kalau kependekan kita bisa menambahkan satu-dua konflik kecil, atau sub cerita yang menambah dinamika cerita yang kita buat. Misalnya menyisipkan dialog humur atau kejadian lucu. Hindari membuat kalimat bertele-tele demi mengejar target halaman, tapi berefek jelek terhadap keutuhan cerita yang kita susun.

----

silakan pertanyaan berkait tema ini dilayangkan ke: benny.rhamdani@gmail.com
tengok juga: http://bennyrhamdani.multiply.com/

Tidak ada komentar: