Kamis, 12 Juli 2007

#12 Menghindari Kemiripan

Kebiasaan saya menulis cerita anak (cerpen) adalah di satu waktu saya menulis beberapa cerita sekaligus. Pada awalnya saya melihat cerita yang saya tulis itu mirip dan sering kali terjadi pengulangan. Entah itu gaya bahasa, setting dan sebagainya. Akhirnya saya menemukan pola sendiri.

Katakan, saya memiliki target di akhir pekan menulis 5 cernak. Maka saya akan atur mengetiknya: 1. Saya tulis cerita realitas dulu, setting sekolah, tokoh lelaki. 2. Saya tulis dongeng kerajaan, tema misteri. 3. Saya tulis cerita realitas, setting kursus balet, tokoh utama perempuan. 4. Saya tulis fabel, komedi. 5. Saya tulis lagi cerita ralitas.

Dengan membuat selang-sleing jenis tulisan, akhirnya saya bisa terhindar dari kemiripan atau pengulangan kata, setting, atau tokoh.

Selamat mencoba!

3 komentar:

bakazero mengatakan...

wah, idenya sangat global..
jadi bisa dipake waktu bikin blog juga ya...
Makasih atas ilmunya...

Dan selamat berkarya terus dalam karya Cernaknya...

dewicendika mengatakan...

wahh...gitu ya, Bhai. Dengan selang seling, kita juga ga bakal mudah jenuh yaaa :)
tq bhaii...

MONOKROM mengatakan...

Wah, kiat menarik yang bisa saya jadikan acuan dalam belajar menulis cernak.