Jumat, 29 Juni 2007

#3 Karakter Harus Kuat

Saat menyusun cerita, yakinkan bahwa karakter/tokoh dalam cerita kita itu sangat kuat sehingga akan tertanam di kepala pembaca. Tonjolkan hal yang paling menarik dari karakter cerita kita. Bukan sekadar dia duduk di kelas lima SD, ramputnya dikepang. Atau dia anak kedua dari tiga bersaudara yang pintar.

Coba ingat alasan kita terus mengenal Pippi Longstocking, Georgina/George Lima sekawan, Lupus, Pinokio, Harry Potter .... Mereka semua berbeda dari karakter umumnya. Ya, penulisnya bisa menonjolkan keunikan dari karakter yang mereka ciptakan. Sehingga orang bisa jadi lupa pada ceritanya, tapi mengingat terus karakter tersebut.

Kekuatan karakter bisa kita angkat dari berbagai sisi, seperti fisik, kebiasaan, hobi, kesukaan, keahlian, atau bahkan kekurangan. Jika tidak percaya, cobalah ingat beberapa teman lama kita. Biasanya yang menarik perhatian adalah yang berbeda dengan lainnya. Kita bisa memindahkan keunikan yang dimiliki orang-orang di sekitar kita ke karakter cerita kita. Saya sarankan hal ini karena kita akan lebih mudah mengembangkan karakternya karena memang ada modelnya.

Cobalah bermain dengan berbagai karakter yang unik. Biasakan untuk membentuk karakter yang beragam di setiap cerita yang kita tulis. Sekali lagi, kekuatan karakter akan membentuk kekuatan cerita kita secara keseluruhan.

2 komentar:

minan ali mengatakan...

Salah satu tips bikin karakter unik:

http://as-laksana.blogspot.com/2006/09/mendel-game-cara-unik-menemukan.html

Semoga bermanfaat!

dewicendika mengatakan...

tq untuk ilmu yg sangat penting ini, Bhai...